Film “sang pencerah” diputar di australia

Posted: 24 Maret 2011 in Showbiz

Film yang menceritakan kisah hidup pendiri Muhammadiyah, Kyai Haji Ahmad Dahlan ini diboyong Perhimpunan Pelajar Indonesia di Australia (PPIA) untuk ditayangkan di negeri Kanguru itu.
Tiga teater di kota Sydney dan Melbourne akan menjadi lokasi pemutaran film. Bukan sekadar pertunjukan khusus, ataupun undangan pemutaran namun ‘Sang Pencerah’ akan diputar di gedung teater umum.


Panitia harus meyakinkan pihak bioskop, juga asosiasi perfilman di Australia, bahwa film yang dibintangi Lukman Sardi ini memang layak diputar.
“Kami ingin memperlihatkan seperti apa sesungguhnya wajah Islam itu kepada masyarakat Australia. Setidaknya penonton memiliki pemahaman lain bahwa Islam tidak selalu keras,” jelas Nanda Rachmadianto, Ketua PPIA Victoria (Melbourne) dalam rilis yang diterima VIVAnews.com.
Selama ini film-film terbaik di Indonesia memang sering diputar secara khusus di kota-kota Australia. Dengan diputarnya ‘Sang Pencerah’ di negara itu secara umum, ini sekaligus menjadi semacam ujian.
Apakah memang layak film ini diapresiasi oleh penonton yang buta sama sekali akan ketokohan KH Ahmad Dahlan? Juga menjadi ajang pembuktian, apakah film dakwah Islam seperti ‘Sang Pencerah’ ini bisa diterima dan dipahami oleh penonton Australia.
“Kami berharap, sisi positif dari film ini bisa ditangkap oleh penonton Australia. Kami juga ingin mempromosikan serta mengedukasi penonton melalui film-film Indonesia,” tambah Nanda.
Tiga tempat pemutaran film ‘Sang Pencerah’ adalah Event Cinema, Sydney, pada tanggal 26 Maret 2011. Gedung berkasitas 400 penonton akan melakukan pemutaran minimal sebanyak dua kali.
Kemudian, untuk apresiasi secara khusus, dilakukan pemutaran di Universitas Woolongong. Sehari kemudian pemutaran dilakukan di Greater Union, Melbourne. Gedung berkapasitas 500 penonton ini sudah melakukan pre-sales tiket sejak sebulan lalu. Harga tiket mengikuti ketentuan gedung bioskop seharga 12 dolar Australia.
“Saya tidak berharap terlalu banyak. Mereka [penonton non-Indonesia dan non-Muslim] mau mengapresiasi film ini saja saya sudah bersyukur. Karena saya tahu, tidak mudah memberi pemahaman pada mereka tentang film dakwah Islam,” jelas Hanung Bramantyo yang akan segera terbang ke Australia untuk menghadiri acara pemutaran filmnya.
Selain Australia, bulan Mei dan Juni nanti ‘Sang Pencerah’ juga akan diputar di Malaysia dan Singapura.

• VIVAnews

Iklan
Komentar
  1. Berita yang menyejukkan. Semoga dengan begitu, terbangun toleransi beragama yang makin kuat.

  2. surya berkata:

    betul, betul,betul….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s